Total Tayangan Halaman

Senin, 23 Januari 2017

Motif Batik Pekalongan



Salah satu ciri khas dari batik yang berasal daripekalongan iniialah sering disebut batik pesisir,karena pengrajin batik sejak awal ia diperkenalkan kepada penduduk hingga saat ini hidup mereka di pesisir pantai pulau jawa.
Batik pekalongan merupakan type motif batik yang paling tenar dari salah satu batik lainnya. Kota pekalongan terletak di provinsi jawa tengah, maka dari itu corak batik yang berasal dari pekalongan memiliki kemiripan terhadap batik lain yang berasal dari provinsi yang sama.
Batik pekalongan ini merupakan salah satu batik yang diminati,dimana batik pekalongan ini memiliki nilai historis yang tidak kalah dengan batik solo. Apabila kita melihat setiap daerah di indonesia kita akan menemukan banyak sekali motif-motif batik. Batik tidak hanya ada di pekalongan tetapi juga di daerah yang lain. Batik pekalongan ini memiliki motif yang khas.

Motif batik pekalongan
Batik pekalongan ini memiliki nilai yang historis sampai-sampai orang pada zaman dahulu menyebut motif batik ini dengan sebutan batik sejarah belanda.kenapa batik ini di sebut dengan batik sejarah belanda karean pada zaman dahulu senopati memberitahukan kapan perang terbuka yang akan melawan belanda perpecahan yang akan terjadi di lingkungan Yogyakarta. Kenapa batik pekalongan ini bisa di sebut dengan batik sejarah? Karena pada zaman dahulu para bangsawan belanda pernah meninggalkan keraton dengan para pengikutnya dan mereka bertujuan untuk menetap tinggal disana di berbagai daerah tertentu salahsatunya di daerah pekalongan. Tempat dimana daerah yang kerajinan batiknya tetap dikembangkan bagi keluarga keraton dan batik ini di buat karena adanya modifikasi dan juga terinspirasi oleh lingkungan sekitar yang mereka tinggali sekarang ini.



  • Motif Batik dan Corak Batik Pekalongan
Motif batik pekalongan ini hampir sama juga motifnya dengan motif batik di yogyakarta tetapi batik ini bedanya lebih atraktif dan juga warnanya yang cerah. Batik pekalongan inipun mempunyai ciri-ciri motif  batik yang seperti ini.
A. Ornament Batik Khas Pekalongan
Batik tulis pekalongan dengan motif burung garuda, Motif batik ini mempunyai ornament yang motifnya berbentuk tumbuhan dan burung garuda tetapi motif ini tidak ada cecek sawut ataupun cecek gorinya. Motif batik pekalongan ini sendiri adalah berupa cecek yang bergaris ataupun bisa kalian sebut juga dengan cecek pitu. Batik pekalongan ini sangat menonjol sehingga garis pembentuk ornament motif terbentuk dari cecek-cecek pula. Kenapa motif batik pekalongan ini bisa disebut dengan motif cecek karena batik pekalongan ini zaman dahulu terkenal dengan permainan cecek adalah Oei Tjow Soen.



Motif Cecek

B. Motif Batik Jlamprang
Batik Jlamprang ini mempunyai motif batik yang berbentuk geomatris dan batik Jlamprang ini adalah salah satu motif batik yang berasal dari daerah pekalongan.Motif jlamprang ini dipengaruhi syiar agama islam yang menghindari ornament yang berbentuk makhluk hidup. Tetapi ada para ahli sejarah yang berpendapat bahwa motif Jlamprang ini dipengaruhi oleh Kebudayaan Hindu Syiwa.



Motif Jlamprang


C. Motif Batik Liong
Motif Batik Liong ini berasal dari daerah pekalongan dan motif batik liong ini sangatlah mirip dengan burung Phoenix atau burung yang sayap,bulu,ekor,dan kepalanya yang bergelombang dan juga motif batik ini bisa mirip juga dengan naga yang mempunyai kaki yang digunakan sebagai kebudayaan cina.



Motif Liong

D. Motif Batik Tulis Warna Cerah
Warna Cerah Batik Tulis Khas Pekalongan. Warna-warna batik ini cenderung memiliki warna yang cerah seperti warna merah,kuning cerah,biru muda,violet dan oranye terutama batik yang diproduksi di daerah pesisir di pekalongan. Perkembangan batik di daerah pekalongan ini sangatlah berkembang dengan cepat. Motif batik pekalongan ini bisa kalian temukan juga pada motif batik dan batik ini juga mirip dengan motif batik daerah solo dan juga motif batik di dareah yogyakarta. Sehingga orang yang akan membelinya juga akan tertarik pada model baju batik pekalongan ini.



Motif Cerah


Motif batik ini akan berubah-ubah bahkan motif batik pekalongan ini mengikuti tren setiap tahunnya. Para pengrajin batik di pekalongan ini selalu berinovatif dan juga kreatif sampai-sampai setiap tahunnya terciptalah motif-motif batik yang baru. Pernah ada sejarahnya tokoh yang bernama Tekstil Eropa Van Zuylen bahklan sempat menerjuni motif batik di daerah pekalongan dan dia juga memperkenalkan motif batik ini yang berbentuk tumbuhan yang di buat secara sistematis.
Selain faktor tersebut di pengaruhi oleh berbagai budaya baik itu budaya asli, cina, arab, eropa sehingga batik ini dapat di terima di lingkungan pasar sebagai negara Batik.






              http://bajumodelbaru.biz/motif-batik-pekalongan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar