Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Januari 2017

PROSES PEMBUATAN BATIK CAP



PROSES PEMBUATAN BATIK CAP

Proses pembuatan batik cap tidak seperti proses pembuatan batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap berupa stempel besar yang terbuat dari tembaga yang sudah didesain dengan motif tertentu dengan dimensi 20 cm x 20 cm.
Proses Pembuatan batik cap adalah sebagai berikut :
  1. Kain mori diletakkan di atas meja datar yang telah dilapisi dengan alas yang lunak.
  2. Malam/ lilin direbus dalam wadah yang besar hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan malam ini tetap dalam kondiri 60 sampai dengan 70 derajat Celcius.
  3. Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam dengan cara mencelupkan kurang lebih yang 2 cm tercelup cairan malam pada  bagian bawah cap.
Penyelupan cap ke cairan malam
  1. Cap kemudian diletakkankan dan ditekan dengan kekuatan yang cukup di atas kain mori yang telah disiapkan, Cairan malam/ lilin dibiarkan meresap ke dalam pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori.
  2. Setelah proses cap selesai, kain mori selanjutnya akan masuk ke  proses pewarnaan,dengan cara mencelupkan kain mori ini ke dalam drum atau tangki yang berisi  warna.                                                                                                                                     
  3. Cairan malam/ lilin yang telah terserap oleh permukaan kain,maka kain tersebut tidak akan terkena dalam proses pewarnaan ini.  Setelah proses pewarnaan selesai, dilanjutkan dengan proses berikutnya yaitu penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses penggodogan atau ngelorot.  Sehingga akan nampak dua warna, yaitu warna dasar asli kain mori berasal dari mori yang tertutup malam/ lilin, dan warna setelah proses pewarnaan yang dilakukan.  bila akan diberikan kombinasi pewarnaan lagi, maka harus dimulai lagi dari proses penge-cap-an, pewarnaan, penggodogan kembali. Sehingga diperlukan proses berulang untuk setiap warna.  Hal yang menarik dari batik cap adalah pada proses perkawinan warna, karena permukaan kain mori yang telah diwarna sebelumnya akan diwarna lagi pada proses pewarnaan berikutnya, sehingga perlu keahlian khusus dalam proses pemilihan & perkawinan warna.       
Proses Nglorot
  1. Proses terakhir dari pembuatan batik cap adalah proses pembersihan dan pencerahan warna dengan soda.
  2. Setelah kain melewati proses terakhir maka kain siap di pasarkan kepada konsumen atau para pedagang batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar